Penyebabnya sudah pasti dikarenakan beberapa transaksi besar yang sudah saya lakukan disepanjang tahun 2018 sehingga menjelang akhir tahun. Ternyata harta yang saya miliki saat itu cukup mengkhawatirkan dan sangat riskan untuk digunakan. Akhirnya saya putuskan untuk menggunakan metode COD dengan asumsi bahwa saya tidak perlu mengeluarkan uang pada saat memesan barang namun disisi lain saya masih tetap bisa memanfaatkan diskon akhir tahun yang diberikan. Yup, bagi saya ini adalah opsi win-win solution yang cukup masuk akal.
Pilihan saya jatuh pada Lazada yang menyediakan opsi COD pada kabel lightning iphone yang saya incar itu. Setelah order berhasil masuk di sistem Lazada disinilah fase ujian kesabaran mulai berlangsung karena estimasi kedatangan paket cukup lama apalagi barang tersebut dikirim langsung dari luar negeri. Setelah penantian berhari-hari, situs tracking aplikasi menunjukkan barang sudah sampai lolos bea cukai dan akan diserahkan ke JNE. Namun beberapa hari kemudian tiba-tiba status barang saya 'dibatalkan' karena pembeli tidak ada ditempat.
Terkejutlah saya, kenapa bisa? Saya selalu berada dirumah dan HP saya pun selalu aktif, kurirnya pun belum menghubungi saya sama sekali.
Akhirnya saya ikhlaskan barang tersebut. Setelah saya cek ulang status paket saya berubah menjadi 'barang hilang diperjalanan'.
Okey, karena ini pertama kalinya saya pesan melalui metode COD, saya berusaha mencoba berpikir postitif saja, mungkin memang ada kendala dan kebetulan saya apes terkena dampaknya. Masih dirundung rasa penasaran, saya memberanikan diri untuk mencoba metode COD Lazada ini untuk yang kedua kalinya. Saya membeli keyboard dan mouse wireless yang juga dikirim dari luar negeri.
Hari-demi hari berlalu, saya terus memantau lokasi barang tersebut secara berkala. Paket tersebut telah diloloskan petugas pajak dan siap dikirim ke kota saya. Namun apa daya, status pesanan saya tiba-tiba 'dibatalkan' lagi dengan alasan klasik yang mirip tentunya, apalagi kalau bukan 'barang hilang dinyatakan rusak'.
Dua transaksi COD Lazada yang kandas ditengah jalan ini membuat saya kembali mempertanyakan kualitas dari quality control seller di Lazada. Kekecewaan serta keraguan ini akan membuat saya kedepannya berpikir tiga kali dahulu jika menggunakan metode COD di Lazada. Saya sudah terlalu kenyang dengan harapan palsu.
[…] COD Lazada mengecewakan… […]
ReplyDelete